Just another free Blogger theme

HOME


Home merupakan menu standar. Didalammya terdapat sub menu group yang, letaknya berada di deretan menu. Yang terdiri dari :

a. Group Clipboard



      Secara umum, icon-icon yang terdapat di Group Clipoard digunakan untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan masalah tempel-menempel objek dan teks, terdiri dari menu Paste, Cut, Copy, dan Format Painter
 Fungsi Icon Group Clipboard
1. Paste
Paste, merupakan menu icon yang digunakan untuk menempelkan objek atau teks yang telah di-cut atau di-copy.
2. Cut
Cut digunakan untuk memindahkan data atau objek terpilih ke daerah lain dengan bantuan perintah Paste.
3. Copy
Copy digunakan untuk menyalin data tertentu yang diakhiri dengan perintah Paste.
4. Format Painter
Perintah berkarakter “kuas cat” ini digunakan untuk meniru suatu pemformatan kemudian menerapkannya ke dalam data terpilih lain.

b. Group Font



       Menu icon di group Font digunakan untuk pemformatan seputar huruf atau karakter data dan sel.
 Fungsi icon pada Group Font
1. Font
Font digunakan untuk mengubah jenis huruf dari data yang terseleksi.
2. Font Font Size
Icon perintah ini digunakan untuk mengatur ukuran huruf atau karakter dari data terpilih.
3. Increase Font
Perintah ini digunakan untuk memperbesar ukuran huruf secara bertahap.
4. Decrease Font
Decrease Font digunakan untuk memperkecil ukuran huruf secara bertahap.
5. Bold
Icon ini berguna untuk menebalkan huruf atau karakter.
6. Italic
Digunakan untuk memiringkan data terpilih.
7. Underline
Perintah ini digunakan untuk memberi tanda garis bawah pada setiap data terpilih.
8. Border
Icon Border digunakan untuk mengatur garis tepi dari sel terpilih.
9. Fill Color
Digunakan untuk mengatur warna shading data dalam sel terpilih.
10. Font Color
Digunakan untuk mengatur warna huruf.

c. Group Alignment



Icon perintah di group Alignment digunakan untuk mengatur format paragraf data sel.
 Fungsi icon pada group Alignment
1. Top Align
Digunakan untuk menjadikan data sel menepi ke bagian atas sel.
2. Middle Align
Digunakan untuk menjadikan teks berada di tengah-atas sel.
3. Bottom Align
Digunakan untuk menjadikan teks menepi ke bagian bawah sel.
4. Orientations
Digunakan untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel.
5. Align Text Left
Digunakan untuk menjadikan teks rata kiri.
6. Center
Digunakan untuk menjadikan teks rata tengah.
7. Align Text Right
Digunakan untuk menjadikan teks rata kanan.
8. Decrease Indent
Digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.
9. Increase Indent
Digunakan untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.
10. Wrap Text
Digunakan untuk mengatur distribusi teks.
11. Merge & Center
Digunakan untuk menggabung beberapa sel terpilih dan meletakkan teks di dalamnya di bagian tengah sel.

d. Group Number



      Semua icon perintah yang terdapat di group Number digunakan untuk mengatur data nomor dalam suatu sel.
 Fungsi icon pada Group Number
1. Number Format
digunakan untuk mengatur format tertentu pada data jenis numerik yang terdapat dalam sel.
2. Accounting
digunakan untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang.
3. Percent Style
digunakan untuk memformat suatu data numerik dengan gaya persentase, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah diformat.
4. Comma Style
digunakan untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.
5. Increase Decimal
digunakan untuk menambah jumlah digit setelah koma dalam bilangan angka desimal.
6. Decrease Decimal
digunakan untuk mengurangi jumlah digit setelah koma dalam angka desimal.

e. Group Styles


    Perintah-perintah di group Styles digunakan untuk pemformatan sel.
 Fungsi icon pada Group Styles
1. Conditional Formatting
Menu Conditional Formatting, digunakan untuk memformat sel sebagai diagram dari data yang terdapa di dalam sel tersebut.
2. Format as Table
Dengan menu ini user dapat memformat sel sebagai tabel dengan segala tema dan warna yang spektakuler, namun tetap memberikan kesan estetika formal, sebagai ciri khas officer, tidak norak, sederhana, simpel, dan yang penting, nilai artistik akan terbentuk.
3. Cell Styles
Menu ini berfungsi untuk memformat suatu sel sesuai dengan kondisi dan klasifikasinya.
f. Group Cells

Menu parintah di group Cells ini digunakan untuk melakukan properti seputar sel yang terdapat di lembar kerja Excel.
 Fungsi icon pada Group Cells
1. Insert
digunakan untuk menyisipkan kolom atau baris sel di tengah-tengah sel yang sudah terisi data.
2. Detele
dugunakan untuk menghapus baris sel maupun kolom aktif..
3. Format
digunakan untuk melakukan properti seputar sel dan kolom yang sedang terpilih.

g. Group Editing


     Group Editing adalah bagian group pada Microsoft excel yang berfungsi untuk menjumlahkan data sel yang di pilih secara otomatis mencari dan mengganti data teks atau angka.
 Fungsi icon pada group Editing
1. AutoSum
Icon ini digunakan untuk menjumlahkan data dalam satu range sel yang telah di tentukan.
2. Fill
Icon ini digunakan untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.
3. Clear
Icon ini digunakan untuk menghapus suatu data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi,format, dan komentarsel.
4. Sort and Filter
Icon ini digunakan untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.
5. Find and Select
Icon ini digunakan untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.

INSERT

      Menu Insert digunakan untuk menyimpan obyek atau fitur tertentu kedalam lembar kerja. Isi menu Insert terdiri dari :

a. Group Tables













        TABLE : daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas.
Fungsi table : Digunakan untuk menyisipkan tabulasi dari data terpilih sehingga data tersebut menjadi lebih mudah untuk di sortir atau di saring dengan menggunakan kriteria tertentu.
Langkah – langkah membuat Table :
1. Klik Insert
2. Pilih Table
3. Lalu ketik berapa colomns yang diinginkan dan berapa rows yang diinginkan.
4. Setelah selesai Klik OK.
 PIVOT TABLE : tabel khusus yang merangkum informasi dari kolom-kolom tertentu dari sebuah sumber data.
Privot Table juga dapat di mengerti sebagai salah satu fasilitas didalam Excel, dimana ia berupa table interaktif yang sangat cepat dalam menganalisa, mengkombinasikan dan membandingkan sejumlah data baik sedikit maupun banyak. Dalam PivotTable, kita dapat memilih suatu baris atau kolom yang hendak dijadikan referensi dalam melihat jumlah total dari suatu data.
Fungsi Pivot table : Digunakan untuk menyisipkan lembar karja baru yang berisi ringkasan dari kolom dan baris dari lembar kerja aktif.
Langkah – langkah membuat Pivot Table :
1. Klik Insert.
2. Pilih PivotTable
3. Lalu pilih PivotTable atau PivotChart sesuai yang diinginkan.
4. Jika sudah terbuka, ketik Table/Range sesuai yang diinginkan.
5. Setelah selesai klik OK.
b. Groups Illustrations

 PICTURE : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar ke dalam lembar kerja aktif.
Langkah – langkah menyisipkan Picture ke dalam dokumen :
1. Klik Insert.
2. Pilih Picture.
3. Lalu cari gambar yang diinginkan, jika sudah dapat klik gambar lalu klik Insert.
 CLIP ART: Digunakan untuk menyisipkan gambar sederhana yang lebih mirip dengan gambar vektor yang digunakan sebagai ilustrasi ke dalam suatu lembar kerja.
 SHAPES : Menyisipkan objek geometris, seperti segi tiga, segi empat, dan lain-lain, ke dalam lembar kerja yang sedang diaktifkan.
Langkah – langkah menyisipkan Shapes :
1. Klik Insert
2. Pilih Shapes
3. Lalu pilih objek yang diinginkan.
 SMART ART: Digunakan untuk menyisipkan objek dengan sistem yang lebih mengarah pada sistem hierarkis, dimana bentuk yang tersedia di menu ini kebanyakan sudah memiliki bentuk dan telah memiliki bagian di bawahnya atau di sebelahnya.
Langkah- langkah menyisipkan SmartArt pada dokumen :
1. Klik Insert.
2. Pilih SmartArt.
3. Lalu pilih jenis Grafik yang diinginkan
4. Setelah selesai, Klik OK.
 SCREEN SHOT : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar dengan terlebih dahulu menangkap area tertentu di layar monitor.
c. Group Charts

 COLOMN : Digunakan untuk memasukkan grafik kolom.
Langkah – langkah menyisipkan colomn atau chart :
1. Klik Insert.
2. Pilih Colomn
3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat
 LINE : Digunakan untuk memasukkan grafik garis.
Langkah – langkah menyisipkan Line :
1. Klik Insert.
2. Pilih Line
3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat
 PIE : Digunakan untuk memasukkan grafik lingkaran.
Langkah – langkah menyisipkan Pie :
1. Klik Insert.
2. Pilih Pie.
3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat
 BAR : Digunakan unruk memasukkan grafik batang
Langkah – langkah menyisipkan Bar :
1. Klik Insert.
2. Pilih Bar.
3. Lalu pilih Grafik mana yang ingin kita buat
 AREA : Digunakan untuk memasukkan grafik area.
Untuk menyisipkan Chart type Area dengan cara sebagai berikut.
1. Klik Insert, Pilih Area pada kolm Chart
2. Lalu pilih Chart atau Grafik Area yang kita inginkan.
 SCATTER : Digunakan untuk memasukkan grafik distribusi.
untuk menyisipkan Scatter caranya sebagai berikut.
1. Klik Insert, Pilih Scatter pada kolom Chart
2. Lalu pilih Model Chart type Scatter yang diinginkan.
 OTHER CHAT : Digunakan untuk memasukkan grafik lainnya. Untuk menyisipkan Chart lain dengan cara sebagai berikut.
3. Klik Insert, Pilih Other Chat
4. Lalu plih Chart atau Grafik yang diinginkan.

0 comments:

Posting Komentar